Photobucket

Kamis, April 10, 2008

KIAMAT SUDAH DEKAT "Bermegah-megah dalam membangun masjid"

Beberapa waktu yang lalu saya dengan tidak sengaja menemukan selembar buletin dakwah yang diterbitkan oleh dewan dakwah Masjid Kubah Emas (lupa tempatnya dimana). Saya sempat ditanya temen tentang bagaimana hukum masjid kubah emas itu, dan saya langsung aja jawab “tidak tahu”. Namun akhirnya saya mendapati ada hadits yang menerangkan masalah ini. Beberapa hadits yang menerangkan masalah ini antara lain :


" Dari anas (ia berkata), telah bersabda rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tidak akan tegak hari kiamat sampai manusia bermegah-megah dalam membangun masjid-masjidnya." (hadits shahih riwayat abu dawud no:449)


" Dari ibnu abbas, ia berkata, telah bersabda rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, aku tidak diperintah untuk memegahkan masjid-masjid. Ibnu abbas berkata, niscaya kalian bermegah-megah terhadapnya sebagaimana bermegah-megahnya yahudi dan nashara. " (hadits shahih riwayat abu daud no:448)

Dua hadits diatas menunjukkan kepada kita akan kemukjizatan Rasulullah bahwa ucapan rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pasti benar dan pasti akan terjadi. Saat ini kita dapati kaum muslimin saling berlomba-lomba untuk membuat masjidnya terlihat megah. Meskipun tidak ada larangan yang jelas mengenai hal ini, namun hadits diatas sudah cukup jelas bagi kita untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak disukai, yaitu menyerupai Yahudi dan Nashara.

Meskipun mereka beralasan dengan dibuat megahnya masjid-masjid akan menambah khusyuk dan semangat beribadah di Masjid, akan tetapi tentunya kita dapat membedakan antara perbuatan yang sia-sia dengan perbuatan yang bermanfaat.

Dan Kejadian yang terjadi saat ini merupakan salah satu fenomena atau tanda-tanda bahwa KIAMAT sudah dekat, karena rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menerangkan kepada kita tentang tanda-tanda hari kiamat, yang salah satunya adalah bermegah-megah dalam membangun masjid-masjidnya. Marilah kita tingkatkan amal ibadah kita, Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk senantiasa melaksanakan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya…Amiiin.